Dari kiri ke kanan untung sudibyo, matrawi, asmad hartono, mugiyono, ganif rojikin, moh. tamyis, dewi mas'ullah, mas'ud

Minggu, 22 Maret 2009

Bagaimana ber MGMP

Bagaimana ber mgmp ?
Asmad Hartono
(Pengawas DikmenDinas PendidikanKabupaten Probolinggo)

Rambu – rambu kegiatan MGMP
l Mendiskusikan temuan-temuan di sekolah masing-masing tentang kelemahan-kelemahan dan kelebihan-kelebihan dalam kegiatan pembelajaran.
l Mendesiminasikan pada anggota MGMP bila ada kegiatan pembelajaran yang inovatif.
l Mencoba mempraktekan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan anggota yang lain sebagai pengamat dan mendiskusikan temuan-temuannya.
l Memperdalam dan memperluas penguasaan materi pelajaran, teknik pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar dan penilaian.
l Mereviu Silabus dan Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
l Magang atau dapat juga dengan studi banding dalam kelompok kecil.

Apa yang harus dilakukan oleh guru setelah MGMP (tagihan MGMP)
l Menyampaikan hasil MGMP pada kegiatan pertemuan dewan guru
l Mendesiminasikan pada guru mata pelajaran sejenis
l Mempraktekan hasil MGMP dan saling mengamati dengan guru mata pelajaran sejenis.
l Mendiskusikan hasil pengamatan tentang kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan.

Hasil yang diharapkan setelah guru melaksanakan kegiatan MGMP
l Pembelajaran yang dilakukan semakin inovatif
l Sumber belajar yang digunakan semakin bervariasi
l Pengelolaan kelas semakin berkembang sesuai dengan tuntutan SK/KD
l Produk siswa dipajangkan sebagai bentuk reward dan sebagai sumber belajar
l Pembelajaran yang dilakukan semakin menyenangkan bagi siswa

Peran kepala sekolah pada kegiatan MGMP
l Memfasilitasi kebutuhan guru untuk mengikuti kegiatan MGMP (kesempatan, beaya, waktu)
l Membuat tagihan tentang hasil MGMP (memberikan kesempatan menyampaikan pada pertemuan dewan guru, mendesiminasikan hasil MGMP)
l Melakukan pendampingan pada guru setelah MGMP
l Menyampaikan temuan-temuan hasil pendampingan guru setelah melaksnakan MGMP pada kegiatan MKKS
l Bersedia menjadi nara sumber/mendampingi pada kegiatan MGMP

Peran Pengawas Sekolah pada kegiatan MGMP
l Bersedia menjadi nara sumber
l Mendampingi kegiatan MGMP
l Melakukan pendampingan pada guru setelah melaksanakan MGMP
l Memberikan masukan pada pengurus MGMP, MKKS tentang temuan-temuan dalam kegiatan MGMP
l Memfasilitasi organisasi MGMP ke Dinas Pendidikan

1 komentar:

  1. dalam mgmp yang dilakukan sebaiknya banyak pada latihan soal atau pemecahan masalah sehingga para peserta dapat mencari pemecahan masalah secara smart

    BalasHapus